User Survey Sebagai Upaya Membangun Link And Match Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe

Diana Diana, Yeni Irawan, Dwi Meilvinasvita

Abstract


Pelaksanaan User Survey untuk peningkatan kualitas akademik dan lulusan telah menjadi tuntutan yang harus dipenuhi oleh Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL). Melalui Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (PK2M),   mampu membentuk dasar bagi keberlanjutan program PNL yang bertujuan  menemukan berbagai persoalan menyangkut kualitas maupun pengembangan lulusan, dan membangun kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). User Survey tahun 2019 terhadap 28 DUDI di wilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe didapatkan melalui penyebaran quisioner secara online di website PK2M, dan secara manual dengan menghubungi langsung pihak DUDI yang berkompeten untuk memberikan jawaban. Kepuasan DUDI terhadap lulusan PNL dinilai dari  indikator survey yaitu : integritas, kompetensi, keluasan wawasan bidang ilmu, kepemimpinan, kerjasama tim, kemampuan bahasa asing, penggunaan teknologi informasi, kedisiplinan, kejujuran, motivasi kerja, etos kerja, inovasi dan kreatifitas, kemampuan menyelesaikan masalah, komunikasi, ikut serta dalam pengembangan SDM, tingkat responsive, dan pengembangan diri. Hasil survey memberikan nilai yang memuaskan dengan rata-rata penilaian DUDI terhadap lulusan PNL sudah baik, namun masih memerlukan peningkatan dan penguatan personal lulusan agar kedepannya dapat mencapai penilaian sangat memuaskan bagi DUDI. Upaya optimalisasi peningkatan kualitas  dan kompetensi lulusan baik secara hardkskill dan softskill akan terus dilakukan oleh PNL sehingga dapat menjadi penentu keberhasilan lulusan di dunia kerja, dan membina kerjasama yang bersifat Link and Match antara DUDI dengan PNL yang akan berdampak bagi kemajuan PNL secara global.

Keywords


User Survey, DUDI, Link and Match

Full Text:

PDF

References


Yuliansyah (2016). Meningkatkan Response Rate Dalam Penelitian Survey : Suatu Study Literature. Change Publication, Lampung University, Lampung.

www//http//Sosiologis.com. Metode Survey : Pengertian & Proses Penelitiannya. 2018. Diakses : 29 September 2019.

Divisi Riset ITB Career Center. 2017. Report User Survey ITB 2017. Penerbit ITB. Bandung - Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.