Profil Karakter Mahasiswa Baru Universitas Sriwijaya Angkatan 2019 Berdasarkan Jalur Masuk Perguruan Tinggi

Nuni Gofar, Santi Marselina Napitupulu, Yanti Rubiyanti

Abstract


Jalur masuk perguruan tinggi Universitas Sriwijaya (Unsri) tahun 2019 terdiri dari SNMPTN, SBMPTN, dan USM. Terhadap mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus dan melakukan registrasi, dilakukan asesmen karakter menggunakan metode MBTI secara online di website http://www.cdc.unsri.ac.id. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari apakah ada perbedaan karakter awal mahasiswa baru Universitas Sriwijaya yang diterima melalui berbagai jalur masuk perguruan tinggi Universitas Sriwijaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan karakter antara mahasiswa baru yang masuk melalui jalur SBMPTN, SNMPTN, maupun USM. Berdasarkan hasil penelitian ini, karakter dominan mahasiswa baru Unsri angkatan 2019 adalah optimis, diikuti murah hati, dan meyakinkan. Disarankan untuk menyusun rancangan model intervensi bagi mahasiswa baru untuk meingkatkan kemampuan softskillnya.


Keywords


profil karakter, mahasiswa baru, seleksi masuk, Bidik Misi

Full Text:

PDF

References


Ayu, K, S., Ani, S,., Nurul, H., Ibrahim, K, R., Ulil, A, R. 2015. Efektifitas Penggunaan Game HOM ( Hose Of MBTI) Sebagai Alat Test Kepribadian Pada Remaja. Artikel Ilmiah – Universitas Diponegoro.

Claudy, Y, I., Rizal, S, P., dan Fauzi, M, A. 2018. Klasifikasi Dokumen Twitter untuk Mengetahui Karakter Calon Karyawan Menggunakan Algoritme K – Nearest neighbor (KNN). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 2, No. 8., hal. 2761 – 2765.

Inayah., Iwan, H., Rina, W., dan Josef, B. 2017. Model Pembangunan Karakter Inspiratif dan humanis Tokoh Utama Kartun pada Game Antikorupsi Menggunakan Pendekatan MBTI Briggs Mayer. Prosiding Sentrinov Tahun 2017 Volume 3 – ISSN: 2477 – 2097. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.