Pelaksanaan Paperless Job Fair di UPH Kampus Surabaya

Erwin K. Julistiono

Abstract


Job fair adalah salah satu metode yang efisien dalam mempertemukan calon-calon tenaga kerja dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Implementasi job fair sudah dilakukan oleh sebagian besar Universitas yang ada di Indonesia, bahkan oleh perusahan-perusahaan swasta, baik yang terdaftar sebagai BKK di Dinas Tenaga Kerja maupun yang belum. Perhatian besar dari pemerintah Indonesia bahkan PBB terhadap pengurangan kertas sebagai usaha dalam pelestarian lingkungan sudah dimulai setidaknya sejak sepuluh tahun yang lalu. Oleh karena itu sejak 2016, UPH Kampus Surabaya menyelenggarakan job fair secara paperless. Sistem paperless yang digunakan adalah dengan memanfaatkan file server di mana para calon tenaga kerja dapat mengunggah file-file pribadi mereka terkait dengan lamaran kerja yang diajukan. Perusahaan kemudian dapat mengunduh file-file ini sesuai dengan komunikasi dengan calon tenaga kerja. Beberapa kendala dalam pelaksanaan sistem paperless job fair adalah mengedukasi pengguna sistem agar dapat memanfaatkan sistem dengan baik dan benar. Selain itu juga kendala teknis terkait keterbatasan sistem sehingga perlu ada pengembangan di waktu mendatang.


Keywords


job fair, paperless, file server

Full Text:

PDF

References


Abebe, G., Caria, S., Fafchamps, M., Falco, P., Franklin, S., Quinn, S., & Shilpi, F. (2018). Job Fairs: Matching Firms and Workers in a Field Experiment in Ethiopia. CSAE Working Paper WPS/2017-06.

Beam, E. A., Hyman, J., & Theoharides, C. (2017). The Relative Returns to Education, Experience, and Attractiveness for Young Workers. IZA Discussion Paper No. 10537.

Dhumne, K. M. (2017). Paperless Society in Digital Era. International Journal of Library and Information Studies, Vol. 7(4) , 317-319.

Groh, M., McKenzie, D., Shammout, N., & Vishwanath, T. (2014). Testing the Importance of Search Frictions and Mathcing Through a Randomized Experiment in Jordan. IZA Discussion Paper No. 8518.

Hammer, M. (1990). Reengineering Work: Don't Automate, Obliterate. Harvard Business School Press.

Lancaster, F. M., & Smith, L. C. (1980). On-Line Systems in the Communication Process: Projections. Journal of the American Society of Information Science, 31(3), 193-200.

Orantes-Jimenez, S. D., Zavala-Galindo, A., & Vazquez-Alvarez, G. (2015). Paperless Office: a new proposal for organizations. SYSTEMICS, CYBERNETICS AND INFORMATICS, 13(3), 47-55.

Ubogu, F. N. (2000). The Paperless Society: Farce or Reality. African Journal of Library, Archives and Information Science, 10 (1), 1-12.

Wibowo, C. W. (2013, Maret 1). Dukung Go Green dengan Hemat Penggunaan Kertas. Retrieved from Kementerian Keuangan Republik Indonesia: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/2016/berita/baca/54/Dukung-Go-Green-dengan-Hemat-Penggunaan-Kertas.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.