Pengaruh Diklat Terhadap Motivasi dan Kompetensi Dosen STIE AMM Mataram

Faizatul Fajariah

Abstract


Penilaian kinerja dosen di suatu perguruan tinggi menjadi sangat penting dalam kerangka penjaminan mutu internal dalam bentuk feedback bagi dosen dan pimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pelatihan dan motivasi terhadap kompetensi dosen di STIE AMM Mataram, serta untuk mengetahui pengaruh tidak langsung pendidikan dan pelatihan terhadap kompetensi melalui motivasi sebagai variabel intervening. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan termasuk dalam penelitian asosiatif. Sampel penelitian ini adalah seluruh dosen tetap di STIE AMM Mataram yaitu sebanyak 46 orang. Dalam pengumpulan data dirancang instrumen penelitian yang sesuai dengan indikator untuk setiap variabel, seperti kompetensi dosen (Y), motivasi kerja (Z), pendidikan (X1) dan pelatihan dosen (X2) dengan cara membagikan kuisioner yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data dilakukan dengan metode kuadrat terkecil dengan menggunakan aplikasi smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kompetensi dosen STIE AMM Mataram. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa secara tidak langsung pendidikan dan pelatihan dapat berpengaruh signifikan terhadap kompetensi dosen STIE AMM Mataram dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening.


Keywords


pendidikan, pelatihan, motivasi, kompetensi

Full Text:

PDF

References


Sudarmanto, 2009, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Teori, Dimensi Pengukuran dan Implementasi dalam Organisasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mathis, R.L., & Jackson, J.H., 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta.

Khayatun, N., Muhdi, & Retnaningdyastuti, 2017, Pengaruh Motivasi Kerja dan Diklat Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan, Jurnal Manajemen Pendidikan, vol 6, no 1, hal 89-100.

Kurniawan, A., 2017, Pengaruh Motivasi Kerja dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru pada MIN Air Joman dan MIS MPI Binjai Serbangan Kabupaten Asahan, Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Satria, R.O., & Kuswara, A., 2013, Pengaruh Motivasi dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Kerja Serta Implikasinya pada Produktivitas Pegawai Dinas Perhubungan Kota Bandung, Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, vol 7, no 2, hal 74-83.

Yani, A., & Indrawati, A., 2016, Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Guru Bersertifikasi di SMK Negeri 1 Pasuruan, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, vol 2, no 1, hal 58-74.

Maulana, R.B., 2016, Pengaruh Motivasi Kerja, Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), dan Disiplin Kerja Terhadap Kompetensi Pegawai dan Kinerja Pegawai, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, vol 4, no 3, hal 247-256.

Darmawan, Y.Y., Supartha, W.G., & Rahyuda, A.G., 2017, Pengaruh Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja di Prama Sanur Beach-Bali, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, vol 6, no 3, hal 1265-1290.

Nazar, F., Astuti, E.S., & Riza, M.F., 2014, Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. BTPN Cabang Pakis Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, vol 13, no 1, hal 1-9.

Zusmawati, 2014, Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Terhadap Motivasi Kerja Peserta Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan (Studi Kasus Badan Kepegawaian Daerah Kota Padang), Jurnal KBP, vol 2, no 2, hal 298-316.

Yunior, D.R., 2017, Pengaruh Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai pada Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional V Sulawesi di Kota Makassar, Jurnal Ekonomi dan Bisnis E-Qien, vol 5, no 2.

Widianingrum, R., & Nurhayati, M., 2017, Pengaruh Pendidikan, dan Pelatihan Pre-Joining Terhadap Motivasi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Crew Kapal di PT Jasindo Duta Segara, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, vol 3, no 2, hal 267-283.

Ghozali, I., & Latan, H., 2015, Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 3.0., BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Jogiyanto, 2011, Konsep dan Aplikasi SEM Berbasis Varian dalam Penelitian Bisnis, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Purnomo, D., Sudana, I.P., & Mananda, I.G.P.B.S., 2016, Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Serta Dampaknya pada Kinerja Pramuwisata Bali, Jurnal IPTA, vol 4, no 2, hal 52-57.

Priansa, D.J., 2014, Perencanaan & Pengembangan SDM, Alfabeta, Bandung.

Sutrisno, E., 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Predana Media, Jakarta.

Kamil, M., 2010, Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi), Alfabeta, Bandung.

Danim, S., 2013, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Alfabeta, Bandung.

Yusuf, A.E., 2008, Pengaruh Motivasi terhadap Peningkatan Kinerja, http://teknologikinerja.wordpress.com/2008/05/06/pengaruh-motivasi-terhadap-peningkatan-kinerja/), diakses tgl 30 September 2019.

Hasibuan, M.S.P., 2009, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Bumi Aksara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.