Users Survey On Industrial Internship Programme To Enhance Polytechnics Output

Disma Prasaja, Rinandita Wikansari

Abstract


Pendidikan vokasi merupakan bagian dari pendidikan tinggi untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Tercantum dalam Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012, bahwa pendidikan vokasi diharapkan untuk menyiapkan mahasiswa dalam ruang lingkup pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu dari jenjang diploma sampai program sarjana terapan. Adapun tujuan dari tulisan ini adalah untuk melihat bagaimana user (perusahaan dan industri) menilai mengenai kualitas sumber daya manusia dari pendidikan vokasi. Data diolah berdasarkan feedback oleh perusahaan tempat magang mahasiswa pada periode tahun 2018, untuk 3 (tiga) Program Studi yang ada di Politeknik APP Jakarta. Ketiga Prodi tersebut adalah Manajemen Logistik Industri Elektronika, Manajemen Pemasaran Industri Elektronika, dan Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT. Perusahaan tempat magang memberikan feedback untuk 7 kategori penilaian, yaitu integritas, keahlian, kemampuan berbahasa inggris, penggunaan teknologi, kemampuan berkomunikasi, kerjasama, dan pengembangan diri. Hasil dari kajian tersebut menunjukkan dari ketujuh kategori, mahasiswa magang memiliki keunggulan tertinggi pada point Integritas di nilai rerata 88,98, dan memiliki kelemahan dalam penggunaan teknologi dengan nilai rerata 86,28 serta kemampuan berbahasa inggris di nilai rerata 80,14. Hasil ini digunakan untuk menyusun program peningkatan keterampilan dan kompetensi mahasiswa berupa peningkatan kemampuan berbahasa inggris dan softskill yang berkaitan dengan memaksimalkan teknologi internet.


Keywords


vokasi, magang industri, survei pengguna, employability skill

Full Text:

PDF

References


https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/11/lima-menteri-tandatangani-nota-kesepahaman-pengembangan-pendidikan-vokasi diakses pada 22 september 2019

https://kemenperin.go.id/artikel/16633/Lima-Menteri-Teken-MoU-Pengembangan-Pendidikan-Vokasi diakses tanggal 22 september 2019

Sintawati, E., & Sudjimat, D. A. (2014). Esin Sintawati Dwi Agus Sudjimat. 37(1), 49–64.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi

Wacana, S., Nugraheni, D., & Wijaya, L. S. (2017). Pelaksanaan Program Internship Dalam Upaya Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan ( Studi Kasus : Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Kristen. 7(2), 47–56. https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.47-56


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.