Training “Upgrading Self Value” untuk Mempersiapkan Mahasiswa dan Alumni dalam Menghadapi Proses Seleksi

Ria Aprilia Ariestianie

Abstract


Dalam menghadapi perubahan dunia industri yang berlangsung dengan cepat, mahasiswa perlu melakukan persiapan karier dan perencanaan masa depan sejak dini. Proses seleksi bertujuan untuk menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat (Stredwick, 2005). Setiap orang memiliki potensi dan keunikannya masing-masing yang membuatnya lebih cocok bekerja di satu tempat tertentu dibandingkan tempat lainnya. Seringkali Jobseeker kurang mengenali passion dan potensinya, sehingga ia tidak melamar dan mengembangkan diri sesuai dengan passion dan potensinya. Oleh karena itu, pengenalan diri merupakan tahapan yang sangat penting dilakukan dalam masa persiapan karier.Pada awal tahun 2019, tim Talent Development ECC mengumpulkan data permasalahan yang dihadapi oleh para Jobseeker. Dari 293 responden, diperoleh bahwa kesulitan terbesar yang dialami oleh Jobseeker antara lain : Merasa kurang percaya diri menghadapi wawancara, kesulitan memahami kelebihan dan kekurangan diri, bingung memilih pekerjaan sesuai passion, merasa sulit berbicara di depan umum, belum menemukan mentor atau konselor karier yang sesuai, kesulitan mencari informasi dunia kerja, dan kesulitan membuat CV yang menarik. Berdasarkan data tersebut, disusunlah Training “Upgrading Self Value” untuk menjawab permasalahan yang dihadapi para Jobseeker. Training “Upgrading Self-Value” terdiri dari 4 tahap yang dilaksanakan selama 3 hari, antara lain : mengenali passion, menentukan pilihan karier, menyusun personal branding, dan menampilkan branding diri dalam proses wawancara. Selama training, peserta diajak untuk melakukan asesmen, refleksi diri, menyusun perencanaan karier, saling memberikan feedback satu sama lain, dan praktek wawancara kerja. Training ini sudah dilaksanakan pada 4 orang Jobseeker dengan tingkat kepuasan peserta terhadap pelaksanaan training sebesar 100% dan tingkat keberhasilan peserta mendapatkan pekerjaan setelah 1 bulan pelaksanaan training sebesar 50%.


Keywords


seleksi, persiapan, training, job interview, karier

Full Text:

PDF

References


Collins, J, C. 2001. Good to Great : Why Some Companies Make the Leap.. and Others Don’t. HarperBusiness.

Holland, John L. 1985. Making Vocational Choices : a Theory of Vocational Personalities and Work Environments. Psychological Assessment Resources, Inc.

Kramer, E P. 2012. Active Interviewing : Branding, Selling, and Presenting Yourself to Win Your Next Job. Course Technology, Boston

Riddiford, N. 2017. Communicating Effectively in a Job Interview : a Resource for newcomers to New Zealand. Language in the Workplace, New Zealand.

Stredwick, J. 2005. An Introduction to Human Resource Management. Elsevier, Ltd., Oxford

Vallerand, R.J. (2008). On the Psychology of Passion : in Search of What Makes People’s Lives Most Worth Living. Canadian Psychology, 49, 1-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.