Efektifitas Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB) Dalam Mendukung Tujuan Mata Kuliah Kerja Praktik (KP) di Universitas Hang Tuah

Nirmalasari Idha Wijaya

Abstract


Kurikulum Universitas Hang Tuah (UHT) menyajikan mata kuliah Kerja Praktik/magang bagi mahasiswanya. Magang atau kerja praktik merupakan salah mata kuliah dalam kurikulum dengan beban SKS 3, yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester akhir yang sudah berhasil menempuh 110 SKS. Magang adalah teknik belajar yang melibatkan pengamatan individual pada pekerjaan dan penentuan umpan balik untuk memperbaiki kinerja atau mengoreksi kesalahan. Selain magang yang diwajibkan sesuai dengan kurikulum tersebut, di Universitas Hang Tuah juga diadakan magang di luar kurikulum yang diselenggarakan  oleh lembaga Pusat Karir Universitas Hang Tuah bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), yang disebut dengan Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas PMMB dalam mendukung pencapaian tujuan mata kuliah kerja praktik pada kurikulum di Universitas Hang Tuah. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara sensus, pengambilan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Program Magang Mahasiswa Berprestasi cukup efektif dalam mendukung mata kuliah Kerja Praktek, yang merupakan program magang wajib dalam kurikulum di UHT. Dukungan ini terutama dalam meningkatkan kemampuan kompetitif mahasiswa yaitu berupa peningkatan keterampilan dan etika dalam bekerja.


Keywords


magang, mahasiswa, efektivitas, dunia industri

Full Text:

PDF

References


Liana Sari, Beti. 2014. Studi Kepuasan Pengguna Magang Mahasiswa Pendidikan

Ekonomi BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran. FKIP UNS. Jurnal fkip.uns.ac.id. diakses tanggal 10 April 2018.

Noe, Hollenbeck, Gerhart, Wright. 2003. Human Resource Management, International Edition. New York: The McGrawhill Companies, Inc.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Endekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sonhadji, A. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan. Menuju Peradaban Baru. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.