Pemantapan Peran dan Fungsi Pusat Karir di Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Andik Setyono, Kusni Ingsih

Abstract


Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Karir dan Alumni (Udinus Career Center) atau secara umum dikenal dengan nama pusat karir sudah berdiri sejak tahun 2010 dengan nama bidang layanan karir di bawah lembaga kerjasama. Salah satu sasaran dari Udinus Career Center adalah mempersingkat masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan maksimal 6 bulan setelah lulus. Seiring dengan perkembangan yang diperlukan dalam layanan bagi alumni dan persiapan calon lulusan ke dunia kerja maka bidang tersebut ditingkatkan menjadi Pusat Layanan Alumni dan Karir. Pada tahun 2017, ditingkatkan kembali menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Karir dan Alumni yang bernaung langsung di bawah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Dalam pengelolaannya, terdapat 3 jenis layanan yang dijalankan oleh Udinus Career Center yaitu layanan pengembangan karir, layanan alumni dan layanan konseling karir dengan staff berjumlah 5 orang dan 4 mahasiswa magang. Tugas yang diemban antara lain mengadakan pelatihan dan seminar karir bagi mahasiswa untuk persiapan memasuki dunia kerja, informasi lowongan kerja, campus recruitment, tracer study, memfasilitasi magang, bimbingan dan konseling karir bagi para lulusan serta bursa kerja yang diadakan rutin mengikuti pelaksanaan wisuda. Sebagai hasilnya, mahasiswa dan para lulusan sudah mulai mengenal keberadaan Udinus Career Center dan memanfaatkan layanan-layanan yang disediakan. Dengan memaksimalkan peran dan fungsi Udinus Career Center, diharapkan masa tunggu lulusan memperoleh pekerjaan akan semakin singkat dan ini ditunjukan dari hasil Tracer Study 2017 dan 2018 dimana rata-rata masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan adalah 3.7 bulan (dibawah 6 bulan) pada kedua tracer study tersebut.


Keywords


Udinus Career Center, Pusat Karir, tracer study, konseling karir, UPT Layanan Karir dan Alumni

Full Text:

PDF

References


Andik Setyono, M. F. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Jumlah Lulusan Mengikuti Bursa Kerja. Surabaya: ICCN .

Subdirektorat Penyelarasan, Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti. (2018). Program Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan. Semarang: LLDIKTI VI Jawa Tengah.

Susanto, T. D. (2018). Kompetisi Sukses Era Industri 4.0. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

UCC Team. (2018). Laporan Tahunan UPT. Layanan Karir dan Alumni . Semarang: UPT. Layanan Karir dan Alumni.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.