Optimalisasi Upaya Perlindungan Alumni Pencari Kerja Dengan Integrated Vacancy System Carcentos

Haryo Kusuma Wibawa

Abstract


Maraknya penipuan berkedok lowongan kerja atau panggilan tes palsu semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Banyak member upgrad.id melaporkan bahwa penipuan semacam ini selalu ramai saat lowongan kerja banyak dipasang di portal upgrad.id, dan terutama menjelang hajatan jobfair, yang disebut sebagai Career Days UGM. Satu hal penting yang bisa memudahkan penipu bisa mengelabui korban adalah karena adanya publikasi lowongan yang sangat sederhana, misalnya masih mengharuskan pelamar mengirimkan CV ke suatu alamat email tertentu. Bisa juga karena pengumuman panggilan tes seleksi yang secara eksplisit memuat daftar kandidat yang lolos pada lampiran lowongan. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, sebuah lowongan pekerjaan semestinya dirancang secara sistematis untuk melindungi data-data pelamar. Sistem lowongan kerja terintegrasi (integrated vacancy system) dalam carcentOS mendorong perusahaan mengelola lowongan, data pelamar, dan melakukan panggilan tes melalui sistem yang terintegrasi dalam platform carcentOS. Perusahaan memasang lowongan dengan kriteria yang ditetapkan melalui sistem; kemudian alumni pencari kerja melamar secara online dengan mendaftar sebagai member kemudian mengklik lamar pekerjaan; lalu perusahaan melakukan panggilan tes seleksi juga melalui sistem, yaitu dengan merekapitulasi daftar pelamar, kemudian memilih kandidat yang memiliki kapasitas yang sesuai kriteria, lalu melakukan panggilan tes ke email atau akun peserta melalui sistem. Dengan sistem ini, data kandidat akan terjaga, karena proses rekapitulasi data pelamar hingga pemanggilan tes seleksi dilakukan secara seamless di dalam sistem carcentOS.


Keywords


lowongan palsu, penipuan, lowongan terintegrasi, carcentOS

Full Text:

PDF

References


Anggie Warsito, 2019. Penipuan Lowongan Pekerjaan di Tahun 2019 dan Cara Menghindarinya. https://glints.com/id/lowongan/modus-penipuan-lowongan-kerja-2019/.

NN, 2017. The Latest Fraud & Cyber Alerts to Watch Out For. https://www.actionfraud.police.uk/alert/the-latest-fraud-cyber-alerts-to-watch-out-for.

Tim Corporate Business ECC, 2019. Modus, Kronologi, Bukti, dan Follow-up Penipuan Terhadap Klien ECC - 2019.

Vinia R. Prima, 2018. How to Spot A Fake Job Opportunities. Disampaikan pada acara Voluntary Day: Countering Hoax, tanggal 25 Maret 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.