Publication Ethics

Redaksi menerima naskah dari Penulis Indonesia maupun luar Indonesia selama masih mengikuti tata penulisan selingkung Jurnal CaLLs. Naskah yang dikirim ke Jurnal CaLLs merupakan karya pribadi bukan hasil plagiarisme. Redaksi berhak mengecek originalitas naskah yang dikirim melalui plagiarism screening sebelum diserahkan kepada Tim Editor dan Reviewer. Penulis berkewajiban untuk memberikan pernyataan tertulis bahwa naskah yang dikirimkan bukan jiplakan hasil karya penelitian orang lain. Apabila naskah yang dikirimkan terindikasi plagiarisme, maka Redaksi berhak menolak naskah yang dikirimkan oleh penulis. Penulis juga diwajibkan mencantumkan sumber tulisan apabila mengambil/mengutip pendapat orang lain dengan memperhatikan tata penulisan selingkung Jurnal CaLLs.

Naskah yang dikirimkan belum pernah diterbitkan dan/atau sedang dalam proses terbit pada jurnal lain. Penulis diwajibkan memberikan pernyataan tertulis kepada Redaksi bahwa naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan pada jurnal lain. Apabila terbukti bahwa jurnal yang dikirimkan telah diterbitkan dan/atau sedang dalam proses terbit pada jurnal lain, maka Penulis diwajibkan mengganti dengan naskah hasil perbaikan sehingga tidak terindikasi autoplagiarisme publikasi ilmiah. Apabila Penulis tidak mengganti dengan naskah hasil perbaikan, maka Redaksi berhak mengganti dengan naskah dari penulis lain.

Setiap naskah yang masuk wajib melalui proses editorial dari Tim Editor dan proses review dari Reviewer. Naskah akan dikoreksi oleh Tim Editor dan Reviewer untuk menghasilkan keputusan diterima atau ditolak penerbitannya pada Jurnal CaLLs. Apabila naskah diterima dengan catatan, maka Penulis berkewajiban untuk memperbaiki tulisan sesuai arahan Tim Editor dan Reviewer. Penulis diberikan waktu untuk memperbaiki naskah hingga siap terbit. Apabila Penulis tidak dapat menyelesaikan perbaikan naskah sampai batas waktu yang diberikan Redaksi, maka kesempatan Penulis akan digantikan dengan naskah dari Penulis lain sesuai dengan pertimbangan dan keputusan Dewan Redaksi Jurnal CaLLs.