PENUMBUHAN BUDAYA LITERASI DENGAN PENERAPAN ILMU KETERAMPILAN BERBAHASA (MEMBACA DAN MENULIS)

Mursalim Mursalim

Abstract


Negara Republik Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman bangsa seperti jumlah penduduk kurang lebih 240 juta, suku bangsa dan bahasa daerah, agama, beragam budaya, beragam adat dan istiadat, serta beraneka ragam flora dan fauna yang semua hal tersebut sangat perlu dipahami dan diketahui oleh segenap lapisan masyarakat dan dibangun, diungkapkan, dikomunikasikan baik secara lisan maupun secara tertulis. Agar kekayaan dan keberagaman bangsa seperti tersebut dapat diketahui dan dipahami sebaik-baiknya oleh seluruh warga negara Indonesia, maka setiap warga negara juga diharapkan tidak ada lagi yang mengalami buta aksara, atau sebaliknya semuanya melek huruf. Oleh sebab itu, penulis dalam makalah ini akan memaparkan mengenai penumbuhan budaya literasi dengan ilmu keterampilan berbahasa membaca dan menulis. Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat pembaca mengenai proses penumbuhan budaya literasi dengan penerapan ilmu keterampilan berbahasa membaca dan menulis. Hal-hal yang akan dipaparkan dalam makalah ini adalah (a) pengertian literasi dan budaya literasi, (b) penumbuhan budaya literasi, (c) pengertian keterampilan berbahasa, (d) penerapan ilmu keterampilan berbahasa menulis, dan (e) penerapan ilmu keterampilan berbahasa membaca. Dapat disimpulkan bahwa literasi adalah keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis dan membaca. Kemudian, budaya literasi yang dimaksudkan adalah melakukan kebiasaan berpikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca, menulis, yang pada akhirnya, apa yang dilakukan dalam sebuah proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya.

 

Kata kunci: budaya literasi, keterampilan berbahasa, membaca, menulis 


Full Text:

PDF

References


BPPD. 2016. Rencana Kerja Pembangunan Daerah Provinsi Kaltim. Samarinda: Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Haryanti, Trini. 2014. “Membangun Budaya Literasi dengan Pendekatan Kultural & Komunikasi Adat.” http://www.triniharyanti.id/ (Diakses 7 Mei 2017).

MPR RI. 2014. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.

_______. 2014. Bahan Tayang Materi Sosialisasi. Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.

Mulyati, Yeti, dkk. 2007. Keterampilan Berbahasa di SD. Jakarta: UT Press.

Sunarti, Sastri. 2013. Kelisanan dan Keberaksanaan dalam Surat Kabar Terbitan Awal di Minangkabau. Jakarta: Kepustakaan Populer Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics (CaLLs)

_________________________________________________

p-ISSN 2460-674X 
e-ISSN 2549-7707

The CaLLs managed by Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
_________________________________________________

Editorial Address

Redaksi Jurnal CaLLs
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman
Jalan Pulau Flores Nomor 1 Kota Samarinda, Kalimantan Timur − Indonesia 75112
Telepon: (0541) 734582
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS

_________________________________________________

 Creative Commons License  The CaLLs site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal indexed by