PENGEMBANGAN MEDIA LEVIDIO STORYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN FILM/DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMK

M. Agus Kastiyawan, Yusak Hudiyono, M. Rusydi Ahmad

Abstract


ABSTRACT

 

The research that will be raised is about the development of learning media Levidio Storyboard in learning to write the text of film / drama review on the students of class XI SMK. The purpose of this research is (1) Levidio Storyboard learning media in learning to write movie/drama review text, and (2) implementation of Levidio Storyboard media development in learning to write movie/drama review text. This writing is a development writing that refers to the development model of Borg and Gall that has been modified by the author includes seven steps namely writing and gathering information, planning stage, product development stage with Levidio Storyboard, expert validation, first phase revision, field trials, and revisions Final stage improvement. The location of the research was SMKN 7 Samarinda in April s.d. May 2017. Based on data analysis, Levidio Storyboard media is feasible and appropriate for use in learning to write text of film/drama review for students of class XI SMK.

 

Keywords: learning media, levidio storyboard, writing, review text

 

ABSTRAK

 

Penelitian yang akan diangkat adalah tentang pengembangan media pembelajaran Levidio Storyboard dalam pembelajaran menulis teks ulasan film/drama pada siswa kelas XI SMK. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan desain pengembangan media pembelajaran Levidio Storyboard dalam pembelajaran menulis teks ulasan film/drama, dan (2) implementasi pengembangan media Levidio Storyboard dalam pembelajaran menulis teks ulasan film/drama. Penulisan ini merupakan penulisan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh penulis meliputi tujuh langkah yakni penulisan dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk dengan Levidio Storyboard, validasi ahli, revisi tahap pertama, uji coba lapangan, dan revisi perbaikan tahap akhir. Lokasi penelitian adalah SMKN 7 Samarinda bulan April s.d. Mei 2017. Berdasarkan analisis data, media Levidio Storyboard layak dan tepat guna untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks ulasan film/drama bagi siswa kelas XI SMK.

 

 

Kata kunci: media pembelajaran, levidio storyboard, menulis, teks ulasan

 


Full Text:

PDF

References


Barliana, Lutfah. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Cerita Pendek yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak bagi Peserta Didik Pendidikan Menengah.” Journal-Unnes. Volume 4 Nomor 1, Agustus 2015. https://doaj.org/article/1e0a6b97eb0944fbaf105fe3cb7d93f1 (diakses Mei 2017).

Criticos, C. 1996. Media Selection. Plomp, T., & Ely, D. P. (Eds.): International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd edition. New York: Elsevier Science, Inc.

Halliday, M. A. K. dan Ruqaiya Hasan. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-Aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hariyanto, Petrus dan Suwardi Endraswara. 2013. “Pengembangan Media Macromedia Flash untuk Pembelajaran Membaca dan Menulis Bahasa Indonesia di SMA.” Jurnal Ling Tera. Vol. 3 No. 1: 89-98 DOI, Agustus. 2013. https://doaj.org/article/534d80b3929f4a8298dc66b49b13788a (Diakses Mei 2017).

Heinich, R. dkk. 1993. Introductional Media (and the new technologies of instruction). New York: Memillan Publishing.

Husin, Sayuti. 1989. Pengantar Metodologi Riset. Jakarta: Fajar Agung.

Isnatun, Siti, dan Umi Farida. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Kartono, Kartini. 1986. Bimbingan dan Dasar-Dasar Pelaksanaannya: Teknik Bimbingan Praktis. Jakarta: Rajawali.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Knapp, Peter dan Megan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar. Australia: University of New South Wales.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press.

Mort, Pam, dkk. 2005. “Writing a Critical Review”. Modul Kuliah Penulisan. New South Wales: The Learning Centre University of New South Wales.

Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Seels, B.B. dan Glasgow, Z. 1990. Exercises in Instructionals Design. Columbus: Merril Publishing Company.

Skene, Allyson. 2014. “Writing a Critical Review”. Modul Kuliah Penulisan. Scarborough:The Learning Centre University of Toronto at Scarborough.

Utami, D. 2007. “Animasi dalam Pembelajaran.” http://www.slideshare.net./Edybioners/penggunaan-media-animasi-dalam-model-pembelajaran-langsung-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-biologi-siswa-kelas-viii3-smp-negeri-13-makasar.html (Diakses 4 April 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics (CaLLs)

_________________________________________________

p-ISSN 2460-674X 
e-ISSN 2549-7707

The CaLLs managed by Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
_________________________________________________

Editorial Address

Redaksi Jurnal CaLLs
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman
Jalan Pulau Flores Nomor 1 Kota Samarinda, Kalimantan Timur − Indonesia 75112
Telepon: (0541) 734582
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS

_________________________________________________

 Creative Commons License  The CaLLs site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal indexed by