ANALISIS PENGUASAAN SUFIKS MANDARIN “JIA, YUAN, SHI, SHOU, ZHE” PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN

Lidia Iskatriati, Lily Thamrin, Suhardi Suhardi

Abstract


Sufiks adalah imbuhan yang diletakkan dibelakang akar kata atau kata dasar. Sufiks mandarin “Jia, Yuan, Shi, Shou, Zhe” merupakan imbuhan tanda kata benda yang menunjuk pada seseorang. Setiap kosa kata yang termasuk dalam imbuhan ini memiliki arti, namun tidak semua memiliki arti yang sama, sehingga tidak dapat digunakan bergantian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi penguasaan dan kesulitan Mahasiswa Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP UNTAN terhadap Sufiks Mandarin “Jia, Yuan, Shi, Shou, Zhe”. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data soal tes. Hasil penelitian menyatakan, bahwa penguasaan Mahasiswa pada Sufiks “Jia” lebih baik dari pada Sufiks “Yuan, Shi, Shou, Zhe”. Presentase jawaban benar pada Sufiks “Jia” mencapai 55,47%, sedangkan Sufiks “Yuan” 39,06%, Sufiks “shi”  47,66%, Sufiks “Shou” 39,84% dan Sufiks “Zhe” 38,28%. Dalam analisis kesulitan, penulis menyadari bahwa Mahasiswa kurang menguasai pada Sufiks “Jia” menunjuk orang yang termasuk dalam kelas tertentu, pada Sufiks “yuan” menunjuk orang yang terlibat dalam profesi atau pekerjaan tertentu, pada Sufiks “Shi” menunjukkan  panggilan nama yang baik untuk seseorang, pada Sufiks “Shou” menunjuk orang yang melakukan aktivitas dan tindakan tertentu, dan pada Sufiks “Zhe” menunjuk orang dengan sifat dan karakteristik tertentu

Keywords


Sufiks Mandarin, “Jia, Yuan, Shi, Shou, Zhe” , Kondisi Penguasaan

References


Studies 俄语语言文学研究, 12(2), 34–39.

Benyi, G. (2014).现代汉语词汇学. Commercial Press Publishing House.

Cembes, M. A. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Afiks Pada Artikel Opini Surat Kabar Kedaulatan Rakyat. Jurnal Bahasa.

Jing, D. (2017). 汉语职业类名词的构造. Department of Chinese Peking University. Language ontology research, 12, 54–58.

Ling, Z. (2011). 关于一些新词性质的分析和判定. Xiamen University Overseas Education College, Journal dissertation, 14.

Magdalena, I., Rahayu, R. P., Aeni, V. N., & Hifziyah, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial.

Miftahur Rohim, Suprapti, I. B. (2013). ANALISIS KONTRASTIF BAHASA INDONESIA DAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KALA, JUMLAH, DAN PERSONA. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1).

Nurul Hidayah Fitriyani, Andayani, S. (2017). Penggunaan Afikasi Pada Karangan Persuasi Mahasiswa Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Metalingua, 15(2), 191–203.

Peipei, J. (2019). 汉语类词缀 “员” 和 “手” 的演变研究. Minnan Normal University.

Salim, N. R. (2017). Salim, N. R. (2017). ANALISIS PERBEDAAN IMBUHAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA TIONGHOA (汉语与印尼语的词缀对比研究). Jurnal Bahasa dan Budaya China, 6(1).

Shuying, W. (2014). 高中级印尼学生汉语指人词缀习得情况研究. Fujian Normal University.

Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Alfabeta.

Thamrin, L., & Suhardi, S. (2020). PERBANDINGAN MAKNA METAFORA TUMBUHAN DALAM PRIBAHASA MANDARIN DAN INDONESIA. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 4(2), 86–91.

Yuanpei, J. (2014). 汉韩语人称名词后缀的比较分析. Shanghai International Studies University.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v8i1.7044

Copyright (c) 2022 Lidia Iskatriati, Lily Thamrin, Suhardi Suhardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Address: Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS

 

Creative Commons License  
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics indexing by:

Sinta Crossref Garuda Google Scholar Neliti Base Dimensions Portal ISSN DOAJ