THE ANALYSIS OF CHARACTERS’ PSYCHOLOGY IN SAMANTHA NOVEL BY RISA SARASWATI

Muna Alfadlilah

Abstract


ABSTRAK
Karya sastra adalah ungkapan lisan atau tulisan seorang pengarang berdasarkan pemikiran, argumentasi, dan pengalamannya. Salah satu karya sastra adalah novel. Novel ini memiliki dua kelompok. Mereka adalah fiksi dan non-fiksi. Pengarang novel menulis karya sastra apapun yang berhubungan dengan kehidupan, seperti faktor sosial, psikologis, dan budaya pengarang. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam kehidupan individu adalah aspek psikologis yang ditulis oleh pengarang. Ini memiliki tujuan untuk dinikmati oleh pembaca. Salah satunya adalah kehidupan keluarga yang memiliki korelasi kuat dengan kepribadian terutama aspek psikologis individu. Samantha adalah seorang tokoh dalam novel karangan Risa Saraswati. Ini adalah kisah hidup yang dialami oleh Samantha yang membuatnya sedih dan menderita secara psikologis oleh keluarganya. Penelitian deskriptif-kualitatif ini menggunakan sumber data penelitian berupa kutipan-kutipan dalam novel. Sumber data adalah novel dan referensi yang relevan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis model diagram alir dengan penyajian dan reduksi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kepribadian tokoh-tokoh dalam novel berdasarkan teori psikologi kepribadian Sigmund Freud. Hasilnya adalah id, ego, dan superego berdasarkan teori kepribadian Sigmund Freud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kepribadian tokoh-tokoh dalam novel berdasarkan teori psikologi kepribadian Sigmund Freud. Hasilnya adalah id, ego, dan superego berdasarkan teori kepribadian Sigmund Freud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kepribadian tokoh-tokoh dalam novel berdasarkan teori psikologi kepribadian Sigmund Freud. Hasilnya adalah id, ego, dan superego berdasarkan teori kepribadian Sigmund Freud.


Kata kunci: sastra, psikologi, psikoanalisis Sigmund Freud


Keywords


iterature, psychology, Sigmund Freud’s psychoanalysis

References


Aras, Goksen. (2015). Personality and Individual Differences: Literature In Psychology-Psychology In Literature. Procedia-Social And Behavioral Sciences Vol 185:250-257.Turkey: Atilim University.

Freud, Sigmund. (1984). Memperkenalkan Psikoanalisis. Terjemahan Dr.K.Bertens. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v8i1.6322

Copyright (c) 2022 MUNA - ALFADLILAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Address: Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS

 

Creative Commons License  
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics indexing by:

Sinta Crossref Garuda Google Scholar Neliti Base Dimensions Portal ISSN DOAJ