Kaligrafi Arab pada Jimat dalam Perspektif Seni, Magi, dan Religi

Agung Zainal Muttakin Raden, Mohamad Sjafei Andrijanto, Wirawan Sukarwo

Abstract


Cirebon yang merupakan pusat penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa, memiliki masyarakat yang dinamis dan heterogen. Percampuran budaya pada masyarakat Cirebon menjadikan Cirebon sebagai wilayah yang memiliki budaya campuran. Di Cirebon, percampuran budaya ini menghasilkan pergeseran yang dikenal dengan istilah Srabad yang memiliki arti mingser saking abad artinya bergesernya abad, dari masa klasik menuju masa Islam. Penelitian ini akan mengurai kaligrafi Arab yang terdapat pada jimat melalui perspektif seni, magi dan religi. Ketiga komponen ini akan berelasi satu dengan lainnya. Penelitian ini menggunakan visual metodologi dengan tujuan untuk menganalisis elemen-elemen visual yang terdapat dalam jimat melalui pendekatan estetika serta pendekatan budaya. Hasil dari penelitian ini akan mengungkap bahwa makna seni, magi dan religi pada kaligrafi Arab yang terdapat dalam jimat merupakan cerminan ideologi dan budaya masyarakat Cirebon.

 

Cirebon as the center of dissemination of Islam in Java Island, has a dynamic and heterogeneous society. Multicultural influence in the Cirebon community develops Cirebon as an area that has a mixed culture. In Cirebon, the mixture of culture resulted in a social change in the area which is known as Srabad or mingser saking abad means the shift of the century, from the classical age to the time of Islam. This research will break down Arabic calligraphy found in jimat through artistic, magic and religious perspectives. These three components will relate to one another. This study uses visual methodology with the aim of analyzing the visual elements contained in the talisman or jimat through aesthetic and cultural approaches. The result of this study shows that the meaning of art, magic, and religion found in Arabic calligraphy contained in the talisman or jimat is a reflection of the ideology and culture of Cirebon society.


Keywords


jimat; seni; magi; religi; Cirebon

References


Arni. (2016). Kepercayaan Dan Perlakuan Masyarakat Banjar Terhadap Jimat-Jimat Penolak Penyakit. Studia Insania, 4(1), 39–56. Diambil dari http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/insania/article/view/1112/852

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed,“terj” Achmad Fawaid dari judul aslinya Research Design, Quallitative, and mixed Methods Approach (II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadiprawiro, Y., & Raden, A. Z. M. (2017). Kajian Gaya Visual Pada Naskah Indonesia Yang Terdapat Pada Buku Indonesian Manuscript in Great Britain. Jurnal Desain, 4(2), 131–142. Diambil dari http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/978/1068

Mujahidin, A. (2016). Analisis Simbolik Penggunaan Ayat-ayat AlQur’an Sebagai Jimat Dalam Kehidupan Masyarakat Ponorogo. Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 10(1), 43–64. Diambil dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/KALAM/article/view/159/145

Raden, A. Z. M. (2014). Kajian Visual Dhapur, Ricikan Tombak Cirebon. Jurnal Desain, 2(1), 1–12. Diambil dari http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/566/531

Rispul. (2012). Kaligrafi Arab Sebagai Karya Seni. TSAQAFA, Jurnal Kajian Seni Budaya Islam Vol., 1(1), 9–18. Diambil dari http://eprints.uad.ac.id/1486/3/02-tsaqafa-Rispul-kaligrafi-arab-sebagai-seni.pdf

Soedarso. (2006). Trilogi Seni : Penciptaan, Eksistensi, dan Kegunaan Seni. Yogyakarta: Badan Penerbit Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Suhaya. (2016). Pendidikan Seni sebagai Penunjang Kreatifitas. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1(1), 1–15. Diambil dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/837/655

Sukarwo, W., Andrijanto, M. S., & Raden, A. Z. M. (2018). Jimat Dalam Kehidupan Masyarakat Cirebon : Antara Seni, Magi dan Religi. In Media , Budaya , Dan Politik Di Era Milenial (hal. 71–80). Purwokerto: FISIP UNSOED. Diambil dari http://fisip.unsoed.ac.id/sites/default/files/prosiding semnas_1.pdf#page=77

Zainuri, H. (2003). Seni Dalam Perspektif Islam. Sinergi agama dan budaya lokal: …, VII(1), 100–107. Diambil dari https://scholar.google.com/scholar?start=70&q=pengaruh+Turki+abbas&hl=en&as_sdt=0,5#4

Zaman, F. K. N., Sujana, A., & Ramli, Z. (2016). Makna Semar Dalam Kalimah Syahadat Pada Seni Lukis Kaca Cirebon. Atrat, 4(3), 271–285. Diambil dari https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/367/313




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v5i1.1717

Copyright (c) 2019 Agung Zainal Muttakin Raden, Mohamad Sjafei Andrijanto, Wirawan Sukarwo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Address: Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS

 

Creative Commons License  
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics indexing by:

Sinta Crossref Garuda Google Scholar Neliti Base Dimensions Portal ISSN DOAJ